Silabus Kimia SMA Kelas XII

SILABUS KIMIA KTSP SMA

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/1

Standar Kompetensi          :  1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit.

Alokasi Waktu                      :  16 jam ( 2 jam untuk UH)

NO

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi WaktuSumber/

bahan/alat

1.

2.

1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan1.2 Membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan

ULANGAN HARIAN

KD 1.1 dan KD 1.2

  • § konsentrasi larutan
  • § pengertian sifat koligatif larutan dan Macam-macamnya.
  • § Penurunan tekanan uap  jenuh larutan  ( ∆P )
  • § Kenaikan titik didih larutan

(∆Tb)

  • § Penurunan titik beku larutan (∆Tf)
  • § Tekanan osmosis
  • § Sifat  koligatif larutan elektrolit
  • § Perbedaan sifat koligatif larutan non elektrolit dan larutan elektrolit
  • § Diagram PT
  • § Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolaran, kemolalan dan fraksi mol)
  • § Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan
  • § Menhubungkan konsentrsi larutan dengan sifat koligatif larutan melalui diskusi kelas
 

  • § Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap larutan
  • § Menghitung tekanan uap larutan
  • Menjelaskan pengaruh zat terlerut yang sukar menguap terhadap titik didih larutan
  • Menghitung kenaikan titik didih larutan
  • Menjelaskan pengaruh terhadap titik beku larutan
  • Menghitung penurunan titik beku larutan
  • § Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis larutan
  • § Melakukan percobaan untuk menentukan titik didih dan titik beku larutan non elektrolit dan non elektrolit pada konsentrasi yang sama
  • § Menghitung Penurunan tekanan uap larutan, kenaikan titik didih , penurunan titik beku dan tekanan osmosis larutan elektrolit 
  • § Menganalisa diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan melalui diskusi kelas
  • § Menghitung konsentrasi larutan (Kemolaran,kemolalan dan fraksi mol)
  • Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan ( Hukum Roulth )
  • § Menyebutkan macam-macam sifat koligatif larutan
  • § Mencari hubungkan konsentrsi larutan dengan sifat koligatif larutan
  • § Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
  • § Menghitung tekanan uap larutan
 

  • § Menjelaskan pengaruh zat terlerut yang sukar menguap terhadap titik didih larutan
  • § Menghitung kenaikan titik didih larutan
  • § Menjelaskan pengaruh terhadap titik beku larutan
  • § Menghitung penurunan titik beku larutan
  • § Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis larutan
  • § Menghitung tekanan osmosis larutan
  • § Mengamati penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan melalui percobaan
  • § Menganalisis dan menyimpulkan data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
  • § Menghitung ∆P, ∆Td, ∆Tf  , dan  π
  • § Menganalisa diagram PT untuk menafsirkan penurunan tekanan uap , kenaikan titik didih dan penurunan titik beku larutan
  • Jenis tagihan
–  tugas individu-  kuis

–  tugas kelompok

–  ulangan

  • Jenis tagihan

–  tugas individu

–  kuis

–  tugas kelompok

–  ulangan

 

8         jam6 jam

2 jam

  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

lembar kerja

Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

lembar kerja

Alat untuk praktek

 

 
  •  
      9          
  • §  

SILABUS KIMIA KTSP SMA JAWA TENGAH

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/1

Standar Kompetensi           :  2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu               :  26 jam ( 4 jam untuk UH)

NO

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajar

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat

3.

2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
  • § persamaan reaksi redoks

 

  • § Menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron) dan perubahan bilangan oksidasi  (PBO)

   melalui diskusi kelas

  • § Berlatih menyetarakan reaksi redoks

 

  • § Menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron)
  • § Menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan bilangan oksidasi (PBO)

 

  • Jenis tagihan

–  tugas individu

–  tugas kelompok

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

–  performans (kinerja

    dan sikap)

–   laporan tertulis

–   tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

 

   
  • § sel Volta
  • § aplikasi sel Volta dalam kehidupan

 

  • Merancang dan melakukan percobaan  sel volta  dalam  kerja kelompok di laboratorium
  • Berlatih menghitung harga E° sel
  • § Melalui diskusi kelas menjelaskan prinsip sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)

 

  • § Menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung secara spontan melalui percobaan
  • § Menggambarkan susunan sel Volta atau sel Galvani dan menjelaskan fungsi tiap bagiannya
  • § Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel Volta
  • § Menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel Volta
  • § Menghitung potensial sel berdasarkan data potensial standar
  • Menjelaskan prinsip kerja sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)
  • § Menuliskan lambang sel dari reaksi-reaksi yang terjadi pada sel volta.

 

6 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

4.

2.2 Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis 
  • § reaksi elektrolisis
  • § korosi

 

  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui kerja kelompok di laboratorium
  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui kerja kelompok di laboratorium
  • § Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi melalui diskusi kelas
  • § Merancang dan melakukan percobaan tentang sel elektrolisis.
  • § Mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui percobaan
  • § Menuliskan reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada larutan atau cairan dengan elektroda aktif ataupun elektroda inert
 

  • § Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan
  • § Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah  terjadinya korosi
  • Jenis tagihan
–  tugas individu-  tugas kelompok

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

–  performans (kinerja

    dan sikap)

–   laporan tertulis

–   tes tertulis

 

6 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

5.

2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
  • hukum Faraday

 

  • § Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis melalui diskusi kelas
  • Merancang dan melalukan percobaan tentang proses penyepuhan logam dalam kerja kelompok di laboratorium
  • § Menjelaskan aplikasi sel elektrolisis dalam proses penyepuhan dan pemurnian logam di industri melalui diskusi kelas.
  • § Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis
 

  • § Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian suatu logam
  • § Merancang dan melakukan percobaan tentang proses penyepuhan

 

6  jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

SILABUS KIMIA KTSP SMA JAWA TENGAH

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/1

 Standar Kompetensi         : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam

Alokas Waktu                       : 30 jam ( 4 jam untuk  UH)

NO

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat
  3.1 Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut 
  • Unsur-unsur golongan utama dan transisi
  • § Membuat daftar (tabel) keberadaan unsur-unsur dan produk yang mengandung unsur unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan
(Pembahasan lebih di tekankan pada unsur-unsur atau senyawanya yang di hasilkan oleh daerah bersangkutan) 

 

  • § Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen)
  • § Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung zat tersebut
  • § Menjelaskan pembuatan alkali dan alkali tanah melalui elektrolisis lelehan garamnya.
  • Jenis tagihan
–  tugas individu-  tugas kelompok

–  kuis

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

– performans (kinerja dan sikap)

–  laporan tertulis

–  tes tertulis

 

2  jam
  • § Sumber

–  buku kimia

–  Internet

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  brosur

–  media

    Elektronik

–  LCD

 –  komputer

 

  3.2.Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya) 
  • Sifat-sifat  fisik dan sifat-sifat kimia unsur
  • § Melalui diskusi kelas dan pengamatan mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia  unsur  utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
 

  • § Demonstrasi reaksi logam Natrium dalam air (dilakukan oleh guru dengan hati-hati)

 

 

 

 

 

  • §  Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida dalam kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Menyimpulkan daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) dalam kerja kelompok di laboratorium

 

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi keteraturan sifat unsur-unsur periode ke tiga dalam kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Menyimpulkan keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur periode ke tiga.

 

 

  • § Mengkaji sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia unsur transisi periode keempat

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki dan menghilangkan kesadahan air dalam kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur  utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, dan sifat khusus lainnya)
  • § Menjelaskan hubungan antara besarnya jari-jari atom dengan kereaktifan.
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat kimia (kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan.
  • § Mengamati kelarutan hidroksida , sulfat, karbonat dan oksalat alkali tanah.
  • § Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan
  • § Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) melalui percobaan
  • § Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan.
  • § Membahas kecenderungan sifat logam berdasar energi ionisasi unsur-unsur periode ke tiga.
  • § Membahas kecenderungan sifat reduktor dan oksidator unsur-unsur periode ketiga berdasar potensial reduksi standar.
  • § Menjelaskan pengertian air sadah
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia unsur-unsur periode keempat
  • § Menjelaskan cara menghilangkan  kesadahan air melalui percobaan
16  jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

  3.3.Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari 
  • § Manfaat dan dampak unsur-unsur dalam kehidupan sehari-hari dan industri

 

  • § Membuat daftar (tabel) tentang manfaat dan dampak unsur unsur seperti  gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan

(bahan presentasi sebaiknya membahas tentang  manfaat dan dampak dari unsur-unsur atau senyawa yang diproduksi daerah bersangkutan)

  • § Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawa di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe,  Al, NH3 dan O2) melalui diskusi kelas
  • § Menganalisis dan menentukan komposisi unsur dalam pupuk melalui diskusi kelas
  • § Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur (seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen)  serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
  • § Membahas mineral-mineral sumber belerang termasuk endapan belerang dan kawah gunung berapi.
  • § Menjelaskan cara menambang belerang secara garis besar.
 

  • § Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawanya di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe,  Al, NH3 dan O2)
  • § Menentukan komposisi unsur dalam pupuk .
  • § Menjelaskan fungsi pupuk pada tanaman.
  • § Menjelaskan dampak pemakaian pupuk berlebih.
4 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

–  Internet

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  brosur

–  media

    Elektronik

–  LCD

 –  komputer

  3.4.Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya
  • § Penemuan sinar radioaktif
  • § Sifat sinar radioaktif
  • § Persamaan reaksi inti
  • § Kegunaan unsur radioaktif
  • § Bahaya sinar radioaktif
  • § Mengkaji sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahaya unsur-unsur radioaktif melalui diskusi kelas dan dipresentasikan
  • § Mendeskripsikan penemuan sinar radioaktif
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat sinar radioaktif
  • § Menentukan pita kestabilan inti
  • § Menuliskan persamaan reaksi inti
  • § Mendeskripsikan kegunaan unsur-unsur radioaktif
  • § Mendeskripsikan bahaya unsur-unsur radioaktif
  • Jenis tagihan
    –  tugas individu-  tugas kelompok

–  kuis

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

–   tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

–  Internet

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  brosur

–  media

    Elektronik

–  LCD

 –  komputer

 

SILABUS KIMIA KTSP SMA JAWA TENGAH

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/2

Standar Kompetensi          : 4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.

Alokasi Waktu                      : 40 (6 jam untuk UH)

NO

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/bahan/alat
  4.1. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat) 
  • § struktur dan tata nama senyawa karbon
  • § isomer
  • § Sifat-sifat fisis dan sifat-sifat kimia senyawa karbon
  • § reaksi senyawa karbon
  • § kegunaan senyawa karbon
  • § Diskusi informasi tentang senyawa karbon yang mengandung gugus fungsi
  • § Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
  • § Membedakan macam-macam gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi.
  • § Latihan memberi nama dari berbagai jenis senyawa karbon.
 

  • § Diskusi tentang jenis-jenis isomer senyawa karbon
  • § Latihan menentukan isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.
  • § Diskusi untuk menganalisis data titik didih dan titik leleh senyawa karbon untuk menjelaskan sifat fisik
  • § Melakukan percobaa untuk membedakan sifat kimia senyawa karbon
  • § Latihan menuliskan reaksi senyawa karbon
  • § Stady pustaka tentang kegunaan senyawa karbon

 

  • § Menjelaskan pengertian gugus fungsi
  • § Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
  • § Menuliskan rumus struktur dan nama  gugus fungsi senyawa karbon.
  • § Memberi nama beberapa contoh senyawa karbon
  • § Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.
  • § Menjelaskan sifat-sifat  fisik dan kimia senyawa karbon.
  • § Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon
  • § Menuliskan reaksi senyawa karbon

–   reaksi oksidasi

–   reaksi adisi

–   reaksi substitusi

–   reaksi eliminasi

  • § Menjelaskan keguanaan senyawa karbon
  • Jenis tagihan
–  tugas individu-  tugas kelompok

–  responsi

–  kuis

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

–    performans

    (kinerja  dan sikap)

–   laporan tertulis

–   tes tertulis

 

16 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

–  Internet

–   molymood

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  Bahan/alat

–  untuk

   percobaan

 –  LCD

 –  komputer

  4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya. 
  • § Struktur dan tata nama benzena dan turunannya
  • § reaksi benzena
  • § sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
  • § kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.
    • Diskusi untuk menentukan struktur dan nama benzena dan turunannya
 

  • Diskusi reaksi subtitusi atom H pada cincin benzena
  • Mendiskusikan pengertian ortho, meta, dan para

                     

  • Diskusi tentang sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
  • Melalui diskusi kelas mendiskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari

 

  • § Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.
  • § Menjelaskan reaksi subtitusi atom H pada cincin  benzena.
  • § Menjelaskan pengertian orto,meta, dan para
  • § Membedakan struktur orto,meta, dan para pada senyawa benzena.
  • § Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya
  • § Menjelaskan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti :fenol, BHA, BHT, TNT dll.

 

  • Jenis tagihan

–  tugas individu

–  kuis

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

–   laporan tertulis

–   tes tertulis

 

6 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

–  Internet

–   molymood

  • § Bahan

–  lembar kerja

 –  LCD

 –  komputer

  4.3 .Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein) 
  • § polimer
  • Reaksi polimer
  • Kegunaan dan dampak penggunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari
  • § Karbohidrat
  • § Protein
    • Mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sintetik  dan polimer alam melalui kerja kelompok 
    • Diskusi tentang reaksi pembentukan polimer berdasarkan asal dan jenis
    • Diskusi tentang kegunaan dan dampak penggunaan senyawa polimer dalam kehidupan sehari-hari
 

  • Diskusi tentang penggolongen karbohidrat
  • Menjelaskan reaksi hidrolisis disakarida dan polisakarida dengan bantuan enzim melalui diskusi
  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan berbagai reagen melalui kerja kelompok
  • Menentukan rumus struktur asam amino dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas

 

  • § Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
  • § Menjelaskan penggolongan polimer berdasarkan asal, jenis monomer pembentuknya
  • § Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
  • § Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
  • § Menyebutkan  kegunaan polimer dalam kehidupan sehari-hari.
  • § Menjelaskan  dampak polimer terhadap lingkungan.
  • § Menggolongkan Karbohidrat menjadi monosakharida, disakarida, dan polisakarida
  • § Menggolongkan monosakarida menjadi aldosa dan ketosa
  • § Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim.
  • § Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen
  • § Menuliskan rumus struktur asam amino.
  • § Menentukan gugus peptida pada protein.
  • § Menjelaskan sifat amfoter asam amino.
  • § Menjelaskan pengertian ion zwitter.
  • Jenis tagihan
–  tugas individu-  tugas kelompok

–  responsi

–  kuis

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

–  performans (kinerja

   dan sikap)

–   laporan tertulis

–   tes tertulis

 

6 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

–  Internet

–   molymood

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  Bahan/alat

–  untuk

   percobaan

 –  LCD

 –  komputer

  4.4. Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak 
  • § Rumus struktur dan nama lemak
  • § Penggolongan lemak dan minyak
  • § Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
  • § Fungsi dan peran lemak dan minyak
    • Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.
  • § Menuliskan rumus struktur  dan nama lemak dan minyak
  • § Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
  • § Menjelaskan sifat fisik dan sifat kima lemak dan minyak
  • § Menjelaskan  fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
    6 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

–  Internet

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  LCD

 –  komputer

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s