Silabus Kimia SMA Kelas XI

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/1

Standar Kompetensi           : 1. Memahami struktur atom untuk meramalkan  sifat-sifat periodik unsur, struktur molekul, dan sifat sifat senyawa.

Alokasi Waktu                      : 16 jam (2 jam untuk UH)

No

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

1

 

 

1.1  Menjelaskan teori atom Bohr dan mekanika kuantum untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital serta menentukan letak unsur dalam tabel periodik.

 

  • § teori atom Bohr

 

 

  • § teori atom mekanik kuantum.

 

 

 

  • § bilangan kuantum
  • § bentuk orbital

 

 

 

 

  • Mengkaji  teori atom Bohr untuk mengetahui kelemahannya melalui diskusi kelompok
  • Mengkaji teori mekanika kuantum, prinsip ketidakpastian dan mekanika gelombang melalui diskusi kelompok.

 

 

  • Menentukan bilangan kuantum
  • Mengilustrasikan bentuk orbital s, p, d dengan bantuan alat peraga melalui kerja kelompok

 

 

 

 

  • § Menjelaskan kelemahan teori atom Bohr

 

 

  • § Menjelaskan teori mekanika kuantum

 

 

 

 

  • § Menentukan bilangan  kuantum  (kemungkinan elektron berada)
  • § Menggambarkan  bentuk-bentuk orbital.
  • § Menentukan kulit dan sub kulit serta hubungannya dengan bilangan kuantum.
  • Jenis tagihan
 – tugas individu

 – kuis

 – ulangan

  • §  Bentuk instrumen

  – tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

– buku kimia

 

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  alat peraga

 

  • § Konfigurasi elektron (prinsip aufbau, aturan Hund dan larangan Pauli) dan hubungannya dengan sistem periodik.

 

  • Menentukan konfigurasi elektron,  diagram orbital serta hubungannya dengan letak unsur dalam tabel periodik melalui diskusi kelas.
  • Berlatih menentukan penulisan konfigurasi elektron dan letak unsur dalam tabel periodik.
    • § Menggunakan prinsip aufbau, aturan Hund dan azas larangan Pauli untuk menuliskan konfigurasi elektron dan diagram orbital.
    • § Menghubungkan konfigurasi elektron suatu unsur dengan letaknya  dalam sistem periodik
  6 jam
1.2. Menjelaskan teori jumlah pasangan elektron di sekitar inti atom dan teori hibridisasi untuk meramalkan bentuk molekul.

 

 

 

  • bentuk molekul
  • Mengkaji struktur Lewis untuk menentukan PEB dan PEI serta tiipe molekul melalui diskusi kelas
  • Menggambarkan bentuk molekul senyawa  melalui diskusi kelas (gunakan visualisasi misalnya menggunakan balon atau dari CD).
 
  • § Menentukan PEB dan PEI
  • § Menentukan tipe molekul
  • § Menentukan bentuk molekul berdasarkan teori pasangan elektron.
  • § Menentukan bentuk molekul berdasarkan  teori hibridisasi.

 

 2 jam
  • § Sumber

– buku kimia

 

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  LCD

–  komputer

1.3. Menjelaskan interaksi antar molekul (gaya antar molekul) dengan sifatnya.

 

  • § gaya antar molekul
  • § Diskusi kelompok tentang gaya antar molekul.
  • § Menganalisis grafik yang hubungan antara titik didih dengan molekul yang terbentuk melalui ikatan hidrogen.
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat fisik molekul berdasarkan gaya antar molekul melalui diskusi kelas.
  • § Menjelaskan perbedaan sifat fisik (titik didih, titik beku) berdasarkan perbedaan gaya antar molekul (gaya Van Der Waals, gaya London, dan ikatan hidrogen)
      2 jam
  • § Sumber

Buku kimia

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/1

Standar Kompetensi           : 2. Memahami perubahan energi dalam reaksi kimia dan cara pengukurannya.

Alokasi Waktu               :  18 jam (2 jam untuk UH)

 

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

2

 

2.1. Mendeskripsikan perubahan entalpi suatu reaksi, reaksi eksoterm, dan reaksi endoterm.

 

  • § hukum kekekalan energi
  • § sistem dan lingkungan

 

 

 

  • § reaksi eksoterm dan endoterm

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § perubahan entalpi

–    DH pembentukan standar

–    DH penguraian standart

–    DH pembakaran stndar

 

  • § Diskusi informasi tentang azas kekekalan energi   
  • § Mengidentifikasi sistem dan lingkungan melalui diskusi kelompok.

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan tentang reaksi eksoterm dan endoterm dalam kelompok di laboratorium.

 

 

 

  • § Menggambarkan grafik yang menunjukkan reaksi eksoterm dan endoterm.

 

  • § Menjelaskan macam-macam perubahan entalpi melalui diskusi kelas
  • § Menjelaskan hukum/azas kekekalan energi
  • § Membedakan sistem dan lingkungan
 

 

  • § Membedakan reaksi yang melepaskan kalor (eksoterm) dengan reaksi yang menerima kalor (endoterm) melalui percobaan
  • § Menyimpulkan perbedaan antara reaksi eksoterm dan endoterm dari data percobaan
  • § Menggambarkan grafik yang menunjukkan reaksi eksoterm dan endoterm

 

  • § Menjelaskan macam-macam perubahan entalpi.
  • Jenis tagihan
– tugas individu

– tugas kelompok

– ulangan

–  responsi

 

  • § Bentuk instrumen

– Performans (kinerja dan sikap)  – laporan tertulis

   – tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

2.2 Menentukan DH reaksi berdasarkan percobaan, hukum Hess, data perubahan entalpi pembentukan standar, dan data energi ikatan.
  • § hukum Hess
  • § Melakukan percobaan untuk menentukan ∆H reaksi dengan kalorimeter sederhana melalui kerja  kelompok di laboratorium.
  • § Berlatih menghitung ∆Hreaksi.
 

 

  • § Menghitung harga ∆H reaksi melalui percobaan.

 

 

  • § Menghitung harga ∆H reaksi dengan menggunakan:

–   data entalpi pembentukkan standar (∆H°f)

–   diagram siklus dan diagram tingkat

–   energi ikatan

 

12 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

 

 

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/1

Standar Kompetensi         :  3. Memahami kinetika reaksi, kesetimbangan kimia, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya, serta penerapannya dalam  kehidupan

                                          sehari-hari dan industri.

Alokasi Waktu                 :  38 jam (6 jam untuk UH)

No

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

3

3.1 Mendeskripsikan pengertian laju reaksi dengan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

 

  • § konsentrasi larutan (Kemolaran)

 

 

  • § faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi

 

  • § Laju reaksi dan faktor-faktor yang mempengaruhinya

 

 

 

  • § Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu dalam kerja kelompok di laboratorium.

 

  • § Menerima penjelasan konsep laju reaksi

 

 

  • § Melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.

 

  • § Menghitung konsentrasi larutan (molaritas larutan).
  • § Membuat larutan dengan konsentrasi tertentu
  • § Menjelaskan pengertian laju reaksi

 

 

 

  • § Menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi (konsentrasi, luas permukaan , suhu, dan katalis) melalui percobaan.
  • § Menafsirkan grafik dari data percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi laju reaksi.
  • Jenis tagihan
–  tugas individu

–  tugas kelompok

–  ulangan

  •   Bentuk instrumen

– performans (kinerja dan sikap)  – laporan tertulis,

  –  tes tertulis

 

6 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

3.2. Memahami teori tumbukan (tabrakan) untuk menjelaskan faktor-faktor penentu laju dan orde reaksi serta terapannya dalam kehidupan sehari-hari.
  • § teori tumbukan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § orde reaksi

 

 

 

  • § Peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri.
  • Mengidentifikasi reaksi yang menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator dengan menggunakan teori  tumbukan melalui diskusi kelas.
 

 

 

 

 

 

  • § Menentukan orde reaksi berdasar-kan data percobaan melalui diskusi kelas.

 

  • § Menjelaskan peranan katalis dalam reaksi melalui diskusi.
  • § Menjelaskan pengaruh konsentrasi, luas permukaan bidang sentuh, dan suhu terhadap laju reaksi berdasarkan teori tumbukan.
  • § Membedakan diagram energi potensial dari reaksi kimia dengan menggunakan katalisator dan yang tidak menggunakan katalisator.
  • § Menjelaskan pengertian, peranan katalisator dan energi pengaktifan dengan menggunakan diagram.
  • § Menentukan orde reaksi total
  • § Menentukan persamaan laju reaksi.
  • § Menentukan harga tetapan laju (k)
 

  • § Menjelaskan peranan katalis dalam makhluk hidup dan industri. 
10 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.3. Menjelaskan kesetimbangan dan faktor-faktor yang mempengaruhi pergeseran arah kesetimbangan dengan melakukan percobaan.

 

  • § kesetimbangan dinamis

 

 

 

 

  • § Faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan
  • § Menjelaskan tentang kesetimbangan dinamis, kesetimbangan homogen dan heterogen serta tetapan kesetimbangan melalui diskusi kelompok
 

  • § Merancang dan melakukan percobaan tentang faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan faktor-faktor yang mempengaruhi arah pergeseran kesetimbangan.
  • § Menjelaskan kesetimbangan dinamis.
  • § Menjelaskan kesetimbangan homogen dan heterogen.
  • § Merumuskan tetapan kesetimbangan Kc dan Kp
 

  • § Meramalkan arah pergeseran kesetimbangan dengan menggunakan azas Le Chatelier
  • § Menganalisis pengaruh perubahan suhu, konsentrasi, tekanan, dan volum pada pergeseran kesetimbangan melalui percobaan
  • Jenis tagihan
–  tugas individu

–  tugas kelompok

–  ulangan

  •   Bentuk instrumen

– performans (kinerja dan sikap)  – laporan tertulis,

  –  tes tertulis

4 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

3.4. Menentukan hubungan kuantitatif antara pereaksi dengan hasil reaksi dari suatu reaksi kesetimbangan.
  • § Hubungan kuantitatif antara pereaksi dan hasil reaksi dari reaksi kesetimbangan
  • Menghitung harga Kc,  Kp dan derajat disosiasi (penguraian) melalui diskusi.
 

 

  • § Latihan menghitung harga Kc, Kp.

 

 

 

 

  • § Merumuskan hubungan Kp dan Kc
  • § Latihan menghitung harga Kc berdasarkan Kp atau sebaliknya.  
  • § Menafsirkan data percobaan mengenai konsentrasi pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang untuk menentukan derajat disosiasi dan tetapan kesetimbangan
  • § Menghitung harga Kc berdasarkan konsentrasi zat dalam kesetimbangan
  • § Menghitung harga Kp berdasarkan tekanan parsial gas pereaksi dan hasil reaksi pada keadaan setimbang
  • § Menghitung harga Kc berdasarkan Kp atau sebaliknya.
 
  • Jenis tagihan

–  tugas individu

–  ulangan

  •   Bentuk instrumen

– laporan tertulis,

   –  tes tertulis

12 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

 

3.5. Menjelaskan penerapan prinsip kesetimbangan dalam kehidupan sehari-hari dan industri

 

  • § proses Haber Bosch dan proses kontak
  • § Mengkaji kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan melalui diskusi.
  • § Menjelaskan kondisi optimum untuk memproduksi bahan-bahan kimia di industri yang didasarkan pada reaksi kesetimbangan.
    2 jam

 

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/2

Standar Kompetensi          :  4. Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Alokasi Waktu                : 56 jam (8 jam untuk UH)

No

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

4

4.1 Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

 

  • § teori asam basa

 

  • § Menjelaskan pengertian asam basa Arrhenius, Bronsted dan Lowry serta asam basa Lewis melalui diskusi kelas.
  • § Berlatih menentukan pasangan asam-basa Bronsted-Lowry

 

  • § Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius
  • § Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry
  • § Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya
  • § Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis
  • § Menentukan zat asam dan basa menurut teori Lewis

 

  • Jenis tagihan

–  tugas kelompok

–  ulangan

  • Bentuk instrumen

–  performans (kinerja dan sikap), – laporan tertulis,

  –  tes tertulis

 

 

 

 

 

2 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

 
  • § sifat larutan asam dan basa.

 

 

 

 

 

 

 

  • § derajat Keasaman (pH)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa

 

 

 

 

 

  • § aplikasi konsep pH dalam  pencemaran

 

  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi asam dan basa dengan berbagai indikator (indikator alam dan indikator kimia)  melalui kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan sifat asam atau basa dari suatu larutan.

 

  • Melakukan percobaan untuk memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa melalui kerja kelompok laboratorium.

.

 

 

  • § Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat ionisasi (a) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa ( Kb) melalui diskusi kelas
  • § Menghitung pH dan derajat ionisasi larutan  dari data konsentrasinya

 

  • § Meneliti dan menghitung pH air sungai di sekitar sekolah/rumah  dalam kerja  kelompok (bagi daerah-daerah yang memiliki industri dapat mengukur pH limbah buangannya sebagai bahan penelitian)
  • § Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.
 

 

 

 

 

 

  • § Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.
  • § Menyimpulkan trayek perubahan warna larutan  asam dan basa

 

 

 

  • § Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat  ionisasi ( a ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)

 

  • § Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.

 

  • Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.

 

  • § Menerapkan konsep pH serta sifat fisis dan biologis untuk menganalisis pencemaran air
14 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

4.2 Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa.  

  • § titrasi asam dan basa
 

  • § Menjelaskan reaksi netralisasi yang setara melalui diskusi kelas
  • § Merancang dan melakukan percobaan titrasi untuk menentukan konsentrasi asam atau basa.
  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan kadar suatu zat dengan cara titrasi melalui kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menghitung kadar zat dari data percobaan.

 

 

  • § Menyetarakan reaksi netralisasi

 

  • § Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi
  • § Menyimpulkan hasil percobaan
  • § Menentukan kadar zat melalui titrasi.
  • § Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa
  • § Menentukan kadar zat dari data hasil titrasi
  • § Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan.
 

6 jam

 

  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

4.3 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

 

  • § larutan penyangga

 

 

 

 

  • § pH larutan penyangga

 

 

 

 

  • § fungsi larutan penyangga
  • § Melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui kerja kelompok di laboratorium.
 

  • § Menghitung pH atau pOH larutan penyangga melalui diskusi.

 

 

 

  • Mendiskusikan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk nidup
  • § Menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui percobaan.
  • § Menyimpulkan sifat larutan penyangga dan larutan bukan penyangga dari data hasil percobaan
  • § Menghitung pH atau pOH larutan penyangga
  • § Menghitung  pH larutan penyangga dengan penambahan sedikit asam atau sedikit basa atau dengan pengenceran 
  • § Menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup
  • Jenis tagihan
  –  tugas kelompok

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

–   performans (kinerja dan sikap)

–  laporan tertulis

  Tes tertulis

8 jam
4.4 Menentukan jenis garam yang mengalami hidrolisis dalam air dan pH larutan garam tersebut.
  • § hidrolisis garam
  • § sifat garam yang terhidrolisis

 

 

 

 

 

  • § pH larutan garam yang terhidrolisis
  • § Melakukan percobaan untuk menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui kerja kelompok di laboratorium
  • § Menyimpulkan ciri-ciri garam yang terhidrolisis dalam air.
 

  • § Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis melalui diskusi kelas.
  • § Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan
  • § Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi
  • § Membedakan larutan garam yang terhidrolisis sebagian dan terhidrolisis sempurna
  • § Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis
  • Jenis tagihan
  –  tugas individu

–  tugas kelompok

–  responsi

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

–  performans (kinerja

   dan sikap)

–  laporan tertulis

–  tes tertulis

6 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

4.5 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis  

  • § grafik titrasi asam dan basa
 

  • § Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis melalui diskusi.
 

  • § Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis.
 

  • Jenis tagihan

–  tugas individu

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

–  tes tertulis

 

2 jam

 

  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

 

4.6 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan.

 

  • § kelarutan dan hasil kali kelarutan

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § Pengaruh ion senama
  • § Meendiskusikan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut
 

 

 

  • § Mendiskusikan tetapan hasil kali kelautan dengan tingkat kelarutan

 

 

 

  • § Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut melalui diskusi kelas

 

 

 

 

  • § Mendiskusikan penambahan ion senama dalam larutan

 

  • § Melakukan percobaan untuk menentukan kelarutan garam dan membandingkannya dengan Ksp

 

 

 

 

 

 

  • § Menjelaskan pengertian larutan tak jenuh, jenuh dan lewat jenuh
  • § Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut

 

  • § Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan
  • § Menuliskan persamaan Ksp berbagai zat elektrolit yang sukar larut dalam air

 

  • § Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya
  • § Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya

 

 

  • § Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan

 

  • § Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp
  • § Menyimpulkan kelarutan suatu garam
  • Jenis tagihan
–  tugas individu

–  tugas kelompok

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

– performans (kinerja dan sikap), –  laporan tertulis

–  tes tertulis

10 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

 

 

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/2

Standar Kompetensi          : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

No

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

5

5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

 

  • pembuatan koloid (cara kondensasi, dispersi, peptisasi)
  • Melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menjelaskan proses pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan dispersi.
   
  • Jenis tagihan

–  tugas kelompok

–  ulangan

  • § Bentuk instrumen

 –  performans

   (kinerja dan sikap)

–  laporan tertulis

–  tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

  • § Bahan

–  lembar kerja

–  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

  • § sistem koloid dan sifat-sifat koloid

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § peranan koloid dalam kehidupan
  • § Melakukan percobaan pengelompokkan berbagai sistem koloid.
  • § Melalui diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan  jenis dan sifat koloid dari data percobaan.
  • § Melakukan percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok.
 

 

 

 

 

 

  • § Mengidentifikasi peranan koloid yang ada dalam produk kosmetik, makanan, obat-obatan dalam bentuk tabel
  • § Mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
  • § Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
  • § Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
  • § Menjelaskan koloid liofob dan liofil
 

  • § Mendeskripsikan peranan koloid dalam produk kosmetik, makanan, obat-obatan
 6 jam
  • § Sumber

–  buku kimia

–  Internet

  • § Bahan

–  lembar kerja –

 Alokasi Waktu                     : 12 jam (2 jam untuk UH)

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s