Silabus Kimia SMA Kelas X

SILABUS  

Nama Sekolah                     : SMA  

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : X/1

Standar Kompetensi       : 1. Memahami struktur atom, sifat-sifat periodik unsur, dan ikatan kimia

Alokasi Waktu               : 16 jam pelajaran (untuk UH 2 jam)

No

Kompetensi Dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

1.

1.1. Memahami struktur atom berdasarkan teori atom Bohr, sifat-sifat unsur, massa atom relatif, dan sifat-sifat periodik unsur dalam tabel periodik serta menyadari keteraturannya, melalui pemahaman konfigurasi elektron

 

  • § struktur atom

 

  • · Mengkaji perkembangan teori atom mulai dari John Dalton sampai Niels Bohr
  • · Diskusi informasi penentuan pengisian konfigurasi elektron
  • · Mengkaji tabel periodik unsur untuk menentukan massa atom relatif.
  • · Mengidentifikasi unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton melalui kerja kelompok.
  • · Mengkaji penentuan massa atom relatif dari suatu isotop dan latihan soal
    • Menjelaskan perkembangan teori atom
    • Menyebutkan kelebihan dan kelemahan masing-masing teori atom
    • Menentukan partikel dasar (proton, elektron dan netron)
    • Menentukan konfigurasi elektron dan elektron valensi
    • Menentukan massa atom relatif berdasarkan tabel periodik
    • Mengklasifikasikan unsur ke dalam isotop, isobar dan isoton
 
  • Jenis tagihan:

  – tugas kelompok

  – kuis

  – ulangan

  • Bentuk instrumen

  – laporan  tertulis

  – penilaian sikap

 

 
  • Sumber

-  buku kimia,

-  tabel periodik,

-  kartu  unsur

-  CD

  • § Bahan

-  lembar  kerja

2 jam
  • § perkembangan tabel periodik unsur.

 

 

  • · Mengkaji literatur tentang perkembangan  tabel periodik unsur dalam kerja kelompok.
  • · Presentasi hasil kajian untuk menyimpulkan dasar pengelompokan unsur-unsur.

 

  • Membandingkan perkembangan tabel periodik unsur untuk mengidentifikasi kelebihan dan kekurangannya.
  • Menentukan hubungan konfigurasi elektron dengan letak unsur dalam tabel periodik
  • Menjelaskan dasar pengelompokkan unsur-unsur

 

 

 

 

2 jam

 

  • § sifat fisik dan sifat kimia unsur
  • § sifat keperiodikan unsur

 

  • · Mengamati beberapa unsur untuk membedakan sifat logam, non logam dan metaloid.
  • · Mengkaji keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan unsur-unsur seperiode dan segolongan berdasarkan data atau grafik dan nomor atom melalui diskusi kelompok.
  • · Menghubungkan keteraturan sifat jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan.
    • Mengklasifikasikan unsur ke dalam logam, non logam dan metaloid.
    • Menganalisis tabel, grafik untuk menentukan keteraturan jari-jari atom, energi ionisasi, afinitas elektron dan keelektronegatifan
  2 jam
  • § Perkembangan teori atom mulai dari Dalton sampai dengan teori Atom Modern.

 

  • · Mengkaji literatur tentang perkembangan teori atom (di rumah setelah ditugaskan pada pertemuan sebelumnya).
  • · Mempresentasikan dan diskusi hasil kajian.
  • · Menyimpulkan hasil pembelajaran
    • Menjelaskan perkembangan teori atom untuk menunjukkan kelemahan dan kelebihan masing-masing teori atom berdasarkan data percobaan.
    2 jam
1.2. Membandingkan proses pembentukan ikatan ion, ikatan kovalen, ikatan kovalen koordinasi, dan ikatan logam serta hubungannya dengan sifat fisik senyawa yang terbentuk

 

  • Ikatan Kimia

-  kestabilan unsur

 

 

-  struktur Lewis

 

-  ikatan ion dan ikatan kovalen

  • · Menentukan unsur yang dapat melepaskan elektron atau menerima elektron untuk mencapai kestabilan dalam diskusi kelompok
  • · Menggambarkan susunan elektron valensi Lewis melalui diskusi kelas.
  • · Membandingkan proses pembentukan ikatan ion dan ikatan kovalen dalam diskusi kelas
  • · Mengidentifikasi terbentuknya senyawa dari dua unsur yang berikatan
  • · Memberikan contoh senyawa yang berikatan ion dan kovalen dalam kehidupan sehari-hari

Membandingkan sifat-sifat senyawa ion dengan sifat-sifat senyawa kovalen dalam diskusi kelas

  • Menjelaskan kecenderungan suatu unsur untuk mencapai kestabilannya.
  • Menggambarkan susunan elektron valensi atom gas mulia (duplet dan oktet) dan elektron valensi bukan gas mulia (struktur Lewis).
  • Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan ion.
  • Menjelaskan proses terbentuknya ikatan kovalen tunggal, rangkap dua, dan rangkap tiga
  • Menyebutkan contoh senyawa yang berikatan ion dan kovalen dalam kehidupan sehari-hari
  • Menjelaskan sifat-sifat senyawa ion dan sifat-sifat senyawa kovalen

 

 

  • Jenis tagihan

   – kuis

   -  tugas individu, 

   -  tugas kelompok

   – ulangan

  • Bentuk instrumen

- laporan tertulis,

- performans  (kinerja dan sikap)

-  tes tertulis

 

3 jam
  • Sumber

- buku kimia

 

  • Bahan

-  lembar kerja

-molymood

-  cairan yang bersifat polar dan non polar

  • Alat

-  standar

-  buret

-  corong

-  gelas kimia

-  batang polietilen

 

  • § Ikatan  kovalen koordinasi
  • § Senyawa kovalen polar dan non polar.
  • § Ikatan logam

 

 

  • · Mendikusikan proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi dari beberapa contoh senyawa sederhana.
  • · Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki kepolaran senyawa di laboratorium.
  • · Mengidentifikasi sifat fisik logam dan menghubungkannya dengan proses pembentukan ikatan logam dalam diskusi kelompok di laboratorium
    • Menjelaskan  proses terbentuknya ikatan kovalen koordinasi pada beberapa senyawa.
    • Menyelidiki kepolaran beberapa senyawa dan hubungannya dengan keelektronegatifan melalui percobaan.
    • Mendeskripsikan proses pembentukan ikatan logam dan hubungannya dengan sifat fisik logam.
    • Menghubungkan sifat fisik materi dengan jenis ikatannya.
    •  
  3 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : X/1

Standar Kompetensi           : 2.  Memahami hukum-hukum dasar kimia dan penerapannya dalam perhitungan kimia (stoikiometri)

Alokasi Waktu                      : 20 jam (untuk UH 4 jam)

No

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

2

2.1 Mendeskripsikan tata nama senyawa anorganik dan organik sederhana serta persamaan reaksinya.

 

  • § tata nama senyawa

senyawa ion

senyawa kovalen

 

 

 

 

 

 

  • § Menentukan senyawa biner (senyawa ion) yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama) dan anion serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
  • § Menentukan nama senyawa biner yang terbentuk melalui ikatan kovalen.
  • § Menentukan nama senyawa poliatomik yang terbentuk dari tabel kation (golongan utama dan NH4+) dan anion poliatomik serta memberi namanya dalam diskusi kelompok.
  • § Menyimpulkan aturan pemberian nama senyawa biner dan poliatomik.
  • § Menginformasikan nama beberapa senyawa organik sederhana.
  • § Menentukan rumus kimia senyawa ion dan senyawa kovalen

 

  • § Menuliskan nama senyawa biner ionik dan kovalen
  • § Menuliskan nama senyawa poliatomik
  • § Menuliskan nama senyawa organik sederhana
  • § Menuliskan rumus kimia
  • Jenis tagihan
- tugas individu

 - kuis

- ulangan

Bentuk instrumen

  – tes tertulis

 

3 jam
  • § Sumber

- buku kimia,

- lembar

   kerja

- internet

  • § persamaan reaksi sederhana
  • § Mendiskusikan cara menyetarakan reaksi.
  • § Latihan menyetarakan persamaan reaksi secara langsung dan aljabar
 
  • § Menyetarakan reaksi sederhana dengan diberikan nama-nama zat yang terlibat dalam reaksi atau sebaliknya
3 jam
2.2. Membuktikan dan mengkomunikasikan  berlakunya hukum-hukum dasar kimia melalui percobaan serta menerapkan konsep mol dalam menyelesaikan perhitungan kimia.
  • Hukum dasar kimia

-  hukum Lavoisier

-  hukum Proust

-  hukum Dalton

-  hukum Gay Lussac

-  hukum Avogadro

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk membuktikan hukum Lavoisier, dan hukum Proust di laboratorium.
  • § Menarik kesimpulan dari data hasil percobaan.

 

 

  • § Membuktikan Hukum Lavoisier melalui percobaan
  • § Membuktikan hukum Proust melalui percobaan

 

  • Jenis tagihan

- tugas individu

- tugas kelompok

- ulangan

Bentuk instrumen

 -  tes tertulis,

 - performans (kinerja  dan sikap)

 - laporan tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-   lembar 

   kerja,

-   alat dan 

   bahan

   untuk

   percobaan.

 

  • § Mendiskusikan data percobaan untuk membuktikan hukum Dalton, hukum Gay Lussac dan hukum Avogadro dalam diskusi kelompok di kelas.
  • § Menghitung volume gas pereaksi atau hasil reaksi berdasarkan hukum Gay Lussac.
  • § Menemukan hubungan antara volum gas dengan jumlah molekulnya yang diukur pada suhu dan tekanan yang sama (hukum Avogadro).
  • § Menganalisis data percobaan pada senyawa untuk membuktikan berlakunya hukum kelipatan perbandingan (hukum Dalton)
  • § Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum perbandingan volum (hukum Gay Lussac).
  • § Menggunakan data percobaan untuk membuktikan hukum hukum Avogadro.
  2 jam
  • § perhitungan kimia

 

  • § Diskusi informasi konsep mol.
  • § Menghitung jumlah mol, jumlah partikel, massa dan volum gas, menentukan rumus empiris, rumus molekul, air kristal, kadar zat dalam senyawa, dan pereaksi pembatas.

 

  • § Mengkonversikan jumlah mol dengan jumlah partikel, massa, dan volum zat.
  • § Menentukan rumus empiris dan rumus molekul
  • § Menentukan rumus air  kristal
  • § Menentukan kadar zat dalam suatu senyawa.
  • § Menentukan pereaksi pembatas dalam suatu reaksi
  • § Menentukan banyak zat pereaksi atau hasil reaksi
6 jam  

 

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : X/2

Standar Kompetensi           : 3. Memahami sifat-sifat  larutan non-elektrolit dan elektrolit, serta reaksi oksidasi-reduksi

Alokasi Waktu                      : 13 jam (3 jam untuk UH )

 

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

  3.1 Mengidentifikasi  sifat larutan non-elektrolit dan elektrolit berdasarkan data hasil percobaan.

 

  • § larutan non elektrolit dan elektrolit
  • § jenis larutan berdasarkan daya hantar listrik
  • § jenis larutan elektrolit berdasarkan ikatan.

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit dalam diskusi kelompok di laboratorium.
  • § Menyimpulkan perbedaan sifat dan jenis larutan non elektrolit dan elektrolit.
  • § Diskusi tentang perbedaan larutan elektrolit lemah dan kuat. berdasarkan hasil percobaan.
  • § Diskusi tentang hubungan sifat keelektrolitan dengan jenis ikatan

 

 

  • Mengidentifikasi sifat-sifat larutan non elektrolit dan elektrolit  melalui  percobaan
  • Mengelompokkan larutan ke dalam larutan non elektrolit dan elektrolit berdasarkan sifat hantaran listriknya
  • Menjelaskan penyebab kemampuan larutan elektrolit menghantarkan arus listrik
  • Mendeskripsikan bahwa larutan elektrolit dapat berupa senyawa ion dan senyawa kovalen polar.

 

  • Jenis tagihan

-  tugas kelompok

-  ulangan

-  responsi (ujian praktik)

  • § Bentuk instrumen

-   tes tertulis 

-   performans

 (kinerja dan sikap) ,

- laporan praktikum tertulis

2 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

- lembar kerja,

- alat dan

   bahan untuk

   percobaan

 

  3.2. Menjelaskan perkembangan konsep reaksi oksidasi- reduksi dan hubungannya dengan tata nama senyawa serta penerapannya.

 

  • § konsep reaksi oksidasi dan reduksi
  • § Bilangan oksidasi unsur dalam senyawa atau ion

 

  • § Demontrasi reaksi pembakaran dan serah terima elektron (misal reaksi antara paku besi dicelupkan ke dalam air aki).
  • § Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion dalam diskusi kelas.
  • § Berlatih menentukan bilangan oksidasi,  oksidator, reduktor, hasil oksidasi, dan hasil reduksi.
  • § Berlatih menentukan suatu reaksi  termasuk reaksi redoks ,bukan redoks, dan autoredoks.
    • Membedakan konsep oksidasi reduksi ditinjau dari penggabungan dan pelepasan oksigen, pelepasan dan penerimaan elektron, serta peningkatan dan penurunan bilangan oksidasi.
    • Menentukan bilangan oksidasi atom unsur dalam senyawa atau ion.
    • Menentukan oksidator dan reduktor , serta hasil reduksin dan hasil reduksi dalam reaksi redoks
    • Menggolongkan reaksi ke dalam reaksi bukan redoks, redoks dan autoredoks.
 

 

  • Jenis tagihan

-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  ulangan

-  kuis

  • § Bentuk instrumen

-  tes tertulis

-  performans ( sikap)

 

6 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

 

 
  • § tata nama menurut IUPAC

 

 

  • § Aplikasi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan
  • § Diskusi tentang tata nama senyawa berdasarkan bilangan oksidasi.
 

Diskusi manfaat reaksi redoks untuk memecahkan masalah lingkungan

  • Menuliskan nama senyawa berdasarkan bilangan oksidasi  dan sebaliknya

 

  • Mendeskripsikan konsep larutan elektrolit dan reaksi redoks dalam memecahkan masalah lingkungan.

 

  •  
 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : X/2

Standar Kompetensi           : 4. Memahami sifat-sifat senyawa organik atas dasar gugus fungsi dan senyawa makromolekul.

Alokasi Waktu                      :  20 jam (untuk UH 3 jam)

No

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

  4.1 Mendeskripsikan kekhasan atom karbon dalam membentuk senyawa hidrokarbon

 

  • § identifikasi atom C,H dan O.

 

 

 

  • § kekhasan atom karbon.

 

  • § atom C primer, atom C sekunder , atom C tertier, dan atom C kuarterner.
  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon dalam diskusi kelompok di laboratorium
  • Diskusi kekhasan atom karbon dengan alat peraga molimood.
 

  • Diskusi perbedaan  atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterner  dengan menggunakan peraga molimood.
    • § Mengidentifikasi unsur C, H, dan O dalam senyawa karbon melalui percobaan.
 

 

 

  • § Mendeskripsikan  kekhasan atom karbon dalam senyawa karbon

 

  • § Membedakan atom C primer, sekunder, tertier dan kuarterne dalam rantai karbon
  • Jenis tagihan
- tugas kelompok

- ulangan

-  kuis

  • § Bentuk instrumen

-   tes tertulis

-   performans (kinerja dan sikap),

  -  laporan tertulis

 

2 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  alat dan

   bahan untuk

   percobaan

-  molymood

 

  4.2 Menggolongkan senyawa hidrokarbon berdasarkan strukturnya dan hubungannya dengan sifat senyawa.

 

  • § akana, alkena dan alkuna

 

 

 

  • § Isomer dan tata nama senyawa

 

 

 

 

  • § sifat-sifat  fisik alkana, alkena dan alkuna

 

 

 

  • § reaksi senyawa karbon

 

  • Diskusi informasi klasifikasi senyawa hidrokarbon. 
  • Diskusi penulisan rumus molekul, rumus struktur dan isomer  senyawa alkana, alkena dan alkun dengan peraga molimood..
  • Diskusi informasi  tata nama senyawa alkana, alkuna dan alkena.
  • Latihan menuliskan nama isomer alkana, alkena dan alkuna.

 

  • Menganalisa data titik didih dan titik leleh senyawa karbon dalam diskusi kelompok.
  • Merumuskan  reaksi sederhana  senyawa alkana, alkena dan alkuna dalam diskusi kelas
    • § Mengelompokkan  senyawa hidrokarbon berdasarkan kejenuhan ikatan 
    • § Menentukan isomer alkana, alkena dan alkuna.
    • § Menuliskan nama isomer senyawa alkana, alkena dan alkuna.
    • § Menentukan perbedaan isomer kerangka, posisi dan geometri ( cis trans )
    • § Menyimpulkan hubungan titik didih senyawa hidrokarbon dengan massa molekul relatif dan strukturnya.
    • § Menuliskan reaksi sederhana pada senyawa  alkana, alkena, dan alkuna (reaksi oksidasi, reaksi adisi, reaksi substitusi, dan reaksi eliminasi)
  7 jam

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2 jam

  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  molymood

 

  4.3  Menjelaskan proses pembentukan dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi serta kegunaannya

 

  • § minyak bumi

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § fraksi minyak bumi

 

 

 

  • § mutu bensin

 

 

  • § Dampak pembakaran bahan bakar

 

  • Dalam kerja kelompok  membahas tentang  eksplorasi minyak bumi, fraksi minyak bumi, mutu bensin, dan dampak hasil pembakaran bahan bakar

(Kunjungan ke museum atau lokasi eksplorasi minyak bumi bila terdapat di lingkungan sekolah)

 

  • Presentasi hasil kerja kelompok.
    • § Mendeskripsikan proses pembentukan minyak bumi dan gas alam.
    • § Menjelaskan komponen-komponen utama penyusun minyak bumi.
 

 

 

 

 

 

  • § Menafsirkan bagan penyulingan bertingkat untuk menjelaskan dasar dan teknik pemisahan fraksi-fraksi minyak bumi.

 

  • § Membedakan kualitas bensin berdasarkan bilangan oktannya.

 

  • § Menganalisis dampak pembakaran bahan bakar terhadap lingkungan.

 

  • Jenis tagihan

-  tugas kelompok

 - kuis

 - ulangan

  • § Bentuk instrumen

-  tes tertulis

   – laporan tertulis     (makalah)

 

4 jam
  • § Sumber

- buku kimia

-  internet

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  LCD

-  komputer

 

  4.4 Menjelaskan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari dalam bidang pangan, sandang, papan, perdagangan, seni, dan estetika

 

  • § Senyawa hidrokarbon dalam kehidupan sehari-hari.
  • Diskusi dalam kerja kelompok untuk mengidentifikasi kegunaan senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan, sandang , papan dan dalam bidang seni dan estetika (untuk daerah-daerah penghasil minyak bumi atau yang memiliki industri petrokimia bisa diangkat sebagai bahan diskusi).
    • § Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang pangan
    • § Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang sandang dan papan.
    • § Mendeskripsikan kegunaan dan komposisi senyawa hidrokarbon dalam bidang seni dan estetika.
    2 jam
  • § Sumber

- buku kimia

-  internet

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  LCD

-  komputer

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XI/2

Standar Kompetensi          : 5. Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Alokasi Waktu                      : 12 jam (2 jam untuk UH)

No

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

  5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

 

  • pembuatan koloid (cara kondensasi, dispersi, peptisasi)
  • Merancang dan melakukan percobaan pembuatan koloid dalam kerja kelompok di laboratorium.
  • § Menjelaskan proses pembuatan koloid melalui percobaan.
   
  • Jenis tagihan

-  tugas kelompok

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

 -  performans

   (kinerja dan sikap)

-  laporan tertulis

-  tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

  5.2. Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari

 

  • § sistem koloid

 

 

  • § sifat-sifat koloid

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § peranan koloid dalam kehidupan
  • § Melakukan percobaan pengelompokkan berbagai sistem koloid.
  • § Melalui diskusi kelompok mengidentifikasi serta mengklasifikasikan  jenis dan sifat koloid dari data percobaan.
  • § Melakukan percobaan sifat-sifat koloid secara kelompok.
 

 

 

  • § Mengidentifikasi peranan koloid di industri kosmetik, makanan, farmasi dan membuatnya dalam bentuk tabel (daftar) secara individu di rumah.
  • § Mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)
  • § Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi
  • § Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)
  • § Menjelaskan koloid liofob dan liofil
 

  • § Mendeskripsikan peranan koloid di industri kosmetik, makanan, dan farmasi
 6 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

-  Internet

  • § Bahan

-  lembar kerja -  brosur

-  media

    Elektronik

-  LCD

 -  komputer

 

 

 

 

 

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/1

Standar Kompetensi          :  1. Menjelaskan sifat- sifat koligatif larutan non-elektrolit dan elektrolit.

Alokasi Waktu                      :  16 jam ( 2 jam untuk UH)

No

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

  1.1 Menjelaskan penurunan tekanan uap, kenaikan titik didih, penurunan titik beku larutan, dan tekanan osmosis termasuk sifat koligatif larutan

 

  • § konsentrasi larutan
  • § pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan larutan elektrolit

 

  • § tekanan uap jenuh larutan

 

 

 

 

 

  • § Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan, kemolaran dan fraksi mol) dan menghubungkannya dengan sifat koligatif larutan melalui diskusi kelas

 

 

  • § Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut dan menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan melalui diskusi kelas

 

 

  • § Menghitung konsentrasi suatu larutan (kemolalan dan fraksi mol)
  • Menjelaskan pengertian sifat koligatif larutan non elektrolit (hukum Raoulth) dan larutan elektrolit

 

 

  • § Menjelaskan pengaruh zat terlarut yang sukar menguap terhadap tekanan uap pelarut
  • § Menghitung tekanan uap larutan berdasarkan data percobaan

 

 

  • Jenis tagihan

-  tugas individu

-  kuis

-  tugas kelompok

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-   performans (kinerja dan sikap)

-   laporan tertulis

-   tes tertulis

 

4   jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

 

 

 
  • § Titik beku dan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § diagram PT

 

 

 

 

 

  • § Tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit

 

  • Merancang dan melakukan percobaan untuk menentukan titik beku dan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit dalam kerja kelompok di laboratorium
  • Menyimpulkan pengaruh zat terlarut terhadap penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan.
  • Berlatih menghitung D Tf dan DTb larutan

 

 

 

 

 

  • Menganalisis diagram PT  untuk menafsirkan penurunan  tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan melalui diskusi kelas

 

  • § Menjelaskan pengertian osmosis , tekanan osmosis dan menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit  serta terapannya melalui diskusi kelas

 

  • § Mengamati penurunan titik beku suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
  • § Menghitung penurunan  titik beku larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan
  • § Mengamati kenaikan titik didih suatu zat cair akibat penambahan zat terlarut melalui percobaan
  • § Menghitung kenaikan titik didih larutan elektrolit dan non elektrolit berdasarkan data percobaan

 

 

 

 

  • § Menganalisis diagram PT untuk menafsirkan penurunan  tekanan uap, penurunan titik beku dan kenaikan titik didih larutan

 

 

  • § Menjelaskan pengertian osmosis dan tekanan osmosis serta terapannya

 

  • § Menghitung tekanan osmosis larutan elektrolit dan non elektrolit
6  jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

  1.2 Membandingkan antara sifat koligatif larutan non elektrolit dengan sifat koligatif larutan elektrolit yang konsentrasinya sama berdasarkan data percobaan
  • § Perbedaan sifat  koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
  • § Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit melalui diskusi kelompok 
  • § Menganalisis data percobaan untuk membandingkan sifat koligatif larutan elektrolit dan non elektrolit
    4 jam  

  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

 

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/1

Standar Kompetensi           :  2. Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dan elektrokimia dalam teknologi dan kehidupan sehari-hari

Alokasi Waktu               :  26 jam ( 4 jam untuk UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajar

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

2.1 Menerapkan konsep reaksi oksidasi-reduksi dalam sistem elektrokimia yang melibatkan energi listrik dan kegunaannya dalam mencegah korosi dan dalam industri
  • § persamaan reaksi redoks

 

 

 

 

 

 

 

  • § Menyetarakan persamaan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron) dan perubahan bilangan oksidasi  (PBO)

   melalui diskusi kelas

  • § Berlatih menyetarakan reaksi redoks

 

 

 

  • § Menyetarakan reaksi redoks dengan cara setengah reaksi (ion elektron)
  • § Menyetarakan reaksi redoks dengan cara perubahan bilangan oksidasi (PBO)

 

 

 

 

 

 

  • Jenis tagihan

-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-  performans (kinerja

    dan sikap)

-   laporan tertulis

-   tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

 

 
  • § sel Volta

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § aplikasi sel Volta dalam kehidupan

 

  • Merancang dan melakukan percobaan  sel volta  dalam  kerja kelompok di laboratorium
  • Berlatih menghitung harga E° sel

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § Melalui diskusi kelas menjelaskan prinsip sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)

 

  • § Menyimpulkan ciri-ciri reaksi redoks yang berlangsung secara spontan melalui percobaan
  • § Menggambarkan susunan sel Volta atau sel Galvani dan menjelaskan fungsi tiap bagiannya
  • § Menjelaskan bagaimana energi listrik dihasilkan dari reaksi redoks dalam sel Volta
  • § Menuliskan lambang sel dan reaksi-reaksi yang terjadi pada sel Volta
  • § Menghitung potensial sel berdasarkan data potensial standar

 

  • § Menjelaskan prinsip kerja sel Volta yang banyak digunakan dalam kehidupan (baterai, aki dll)

 

6 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

2.2 Menjelaskan reaksi oksidasi-reduksi dalam sel elektrolisis

 

  • § reaksi elektrolisis

 

 

 

 

 

 

 

  • § korosi

 

  • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui kerja kelompok di laboratorium

 

 

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah terjadinya korosi melalui diskusi kelas
  • § Mengamati reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada reaksi elektrolisis melalui percobaan
  • § Menuliskan reaksi yang terjadi di anoda dan katoda pada larutan atau cairan dengan elektroda aktif ataupun elektroda inert
 

  • § Menjelaskan faktor-faktor yang mempengaruhi terjadinya korosi melalui percobaan

 

 

 

  • § Menjelaskan beberapa cara untuk mencegah  terjadinya korosi
  • Jenis tagihan
-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-  performans (kinerja

    dan sikap)

-   laporan tertulis

-   tes tertulis

 

 

6 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

2.3 Menerapkan hukum Faraday untuk elektrolisis larutan elektrolit
  • hukum Faraday

 

  • § Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis melalui diskusi kelas

 

  • Merancang dan melalukan percobaan tentang proses penyepuhan logam dalam kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Menjelaskan aplikasi sel elektrolisis dalam proses penyepuhan dan pemurnian logam di industri melalui diskusi kelas.
  • § Menerapkan konsep hukum Faraday dalam perhitungan sel elektrolisis
 

 

  • § Menuliskan reaksi elektrolisis pada penyepuhan dan pemurnian suatu logam

 

6  jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

 

 

 

 

 

 

 

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/1

 Standar Kompetensi         : 3. Memahami karakteristik unsur-unsur penting, kegunaan dan bahayanya, serta terdapatnya di alam

Alokas Waktu                       : 30 jam ( 4 jam untuk  UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

3.1 Mengidentifikasi kelimpahan unsur-unsur utama dan transisi di alam dan produk yang mengandung unsur tersebut

 

  • Unsur-unsur golongan utama dan transisi
  • § Membuat daftar (tabel) keberadaan unsur-unsur dan produk yang mengandung unsur unsur gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan
(Pembahasan lebih di tekankan pada unsur-unsur atau senyawanya yang di hasilkan oleh daerah bersangkutan)

 

 

  • § Mengidentifikasi keberadaan unsur-unsur yang ada di alam terutama di Indonesia (gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen)
  • § Mengidentifikasi produk-produk yang mengandung zat tersebut
  • Jenis tagihan
-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  kuis

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

- performans (kinerja dan sikap)

-  laporan tertulis

-  tes tertulis

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

2  jam
  • § Sumber

-  buku kimia

-  Internet

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  brosur

-  media

    Elektronik

-  LCD

 -  komputer

 

3.2.Mendeskripsikan kecenderungan sifat fisik dan sifat kimia unsur utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)

 

  • Sifat-sifat  fisik dan sifat-sifat kimia unsur
  • § Melalui diskusi kelas dan pengamatan mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia  unsur  utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, kereaktifan, dan sifat khusus lainnya)
 

  • § Demonstrasi reaksi logam Natrium dalam air (dilakukan oleh guru dengan hati-hati)

 

 

 

 

 

  • §  Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida dalam kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Menyimpulkan daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) dalam kerja kelompok di laboratorium

 

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi keteraturan sifat unsur-unsur periode ke tiga dalam kerja kelompok di laboratorium

 

  • § Menyimpulkan keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur periode ke tiga.

 

 

  • § Mengkaji sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia unsur transisi periode keempat

 

  • § Merancang dan melakukan percobaan untuk menyelidiki dan menghilangkan kesadahan air dalam kerja kelompok di laboratorium

 

 

 

  • § Mengidentifikasi sifat-sifat fisik unsur  utama dan unsur transisi (titik didih, titik leleh, kekerasan, warna,  kelarutan, dan sifat khusus lainnya)

 

 

 

  • § Mengidentifikasi sifat-sifat kimia (kereaktifan, kelarutan) melalui percobaan

 

 

 

 

 

  • § Mengidentifikasi daya pengoksidasi halogen dan daya pereduksi halida melalui percobaan

 

 

 

 

 

 

  • § Mengidentifikasi reaksi nyala senyawa logam (terutama alkali dan alkali tanah) melalui percobaan

 

 

 

 

 

  • § Mengidentifikasi keteraturan sifat fisik dan sifat kimia unsur-unsur periode ke tiga melalui percobaan

 

 

 

 

 

 

 

  • § Mengidentifikasi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia unsur-unsur periode keempat

 

 

 

  • § Menjelaskan cara menghilangkan  kesadahan air melalui percobaan
16  jam
  • § Sumber

-  buku kimia

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  bahan/alat 

   untuk

    percobaan

3.3.Menjelaskan manfaat, dampak dan proses pembuatan unsur-unsur dan senyawanya dalam kehidupan sehari-hari

 

 

  • § Manfaat dan dampak unsur-unsur dalam kehidupan sehari-hari dan industri

 

  • § Membuat daftar (tabel) tentang manfaat dan dampak unsur unsur seperti  gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen secara individu di rumah dan dipresentasikan

(bahan presentasi sebaiknya membahas tentang  manfaat dan dampak dari unsur-unsur atau senyawa yang diproduksi daerah bersangkutan)

 

  • § Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawa di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe,  Al, NH3 dan O2) melalui diskusi kelas

 

  • § Menganalisis dan menentukan komposisi unsur dalam pupuk melalui diskusi kelas
  • § Menjelaskan manfaat dan dampak unsur-unsur (seperti gas mulia, halogen, alkali, alkali tanah, aluminium, karbon, silikon, belerang, krom, tembaga, seng, besi, oksigen dan nitrogen)  serta senyawanya dalam kehidupan sehari-hari dan industri.
 

 

 

 

 

 

 

 

  • § Menjelaskan pembuatan unsur dan senyawanya di laboratorium dan industri (misalnya H2SO4, N2, Fe,  Al, NH3 dan O2)

 

 

  • § Menentukan komposisi unsur dalam pupuk

 

4 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

-  Internet

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  brosur

-  media

    Elektronik

-  LCD

 -  komputer

3.4.Mendeskripsikan unsur-unsur radioaktif dari segi sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahayanya
  • § Penemuan sinar radioaktif
  • § Sifat sinar radioaktif
  • § Persamaan reaksi inti
  • § Kegunaan unsur radioaktif
  • § Bahaya sinar radioaktif
  • § Mengkaji sifat-sifat fisik dan sifat-sifat kimia, kegunaan, dan bahaya unsur-unsur radioaktif melalui diskusi kelas dan dipresentasikan
  • § Mendeskripsikan penemuan sinar radioaktif
  • § Mengidentifikasi sifat-sifat sinar radioaktif
  • § Menentukan pita kestabilan inti
  • § Menuliskan persamaan reaksi inti
  • § Mendeskripsikan kegunaan unsur-unsur radioaktif
  • § Mendeskripsikan bahaya unsur-unsur radioaktif
  • Jenis tagihan
    -  tugas individu

-  tugas kelompok

-  kuis

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-   tes tertulis

 

4 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

-  Internet

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  brosur

-  media

    Elektronik

-  LCD

 -  komputer

 

 

 

SILABUS

Nama Sekolah                     : SMA

Mata Pelajaran                    : KIMIA

Kelas/Semester                   : XII/2

Standar Kompetensi          : 4. Memahami senyawa organik dan reaksinya, benzena dan turunannya, dan makromolekul.

Alokasi Waktu                      : 40 (6 jam untuk UH)

Kompetensi dasar

Materi Pembelajaran

Kegiatan Pembelajaran

Indikator

Penilaian

Alokasi Waktu Sumber/

bahan/alat

4.1. Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, kegunaan, dan identifikasi senyawa karbon (halo alkana, alkanol, alkoksi alkana, alkanal, alkanon, alkanoat, dan alkil alkanoat)

 

  • § struktur dan tata nama senyawa karbon

 

 

 

 

 

 

  • § isomer

 

 

 

 

 

  • § Sifat-sifat fisis dan sifat-sifat kimia senyawa karbon

 

 

  • § reaksi senyawa karbon

 

 

 

 

  • § kegunaan senyawa karbon
  • § Melakukan percobaan identifikasi untuk mengidentifikasi gugus fungsi.
  • § Membedakan gugus fungsi dan memberi nama senyawa karbon melalui diskusi.
  • § Latihan memberi nama dari berbagai jenis senyawa.
 

  • § Membahas jenis-jenis isomer senyawa karbon melalui diskusi.
  • § Latihan menentukan terjadinya isomer dan memberikan nama senyawa yang terbentuk.

 

  • § Menganalisis data  titik didih dan titik leleh senyawa karbon  untuk menjelaskan sifat-sifat fisik melalui diskusi.

 

  • § Mengkaji  reaksi senyawa karbon dalam diskusi kelas

 

 

 

  • § Mencari informasi dari literatur dan media farmasi tentang kegunaan senyawa karbon secara individu.

 

 

 

  • § Mengidentifikasi gugus fungsi senyawa karbon.
  • § Menuliskan struktur dan nama senyawa karbon berdasarkan gugus fungsinya.

 

 

 

 

  • § Menentukan isomer-isomer senyawa karbon.

 

 

 

 

  • § Menjelaskan sifat-sifat  fisik senyawa karbon.
  • § Menjelaskan reaksi identifikasi gugus fungsi senyawa karbon

 

  • § Menuliskan reaksi senyawa karbon

-   reaksi oksidasi

-   reaksi adisi

-   reaksi substitusi

-   reaksi eliminasi

  • § Mendeskripsikan kegunaan senyawa karbon
  • Jenis tagihan
-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  responsi

-  kuis

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-    performans

    (kinerja  dan sikap)

-   laporan tertulis

-   tes tertulis

 

16 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

-  Internet

-   molymood

 

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  Bahan/alat

-  untuk

   percobaan

 -  LCD

 -  komputer

4.2 Mendeskripsikan struktur, cara penulisan, tata nama, sifat, dan kegunaan benzena dan turunannya.

 

  • § Struktur dan tata nama benzena dan turunannya

 

  • § reaksi benzena

 

 

 

 

  • § sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya

 

  • § kegunaan dan bahaya benzena dan turunannya.
    • Menentukan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya melalui diskusi.
 

  • § Membahas reaksi substitusi atom H pada cincin benzena.
  • § Mendiskusikan pengertian ortho, meta dan para.

 

  • § Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya melalui diskusi.

 

  • Melalui diskusi kelas mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari. 
  • § Menuliskan struktur dan nama senyawa benzena dan turunannya.
 

 

  • § Menjelaskan reaksi substitusi atom H pada cincin benzena
  • § Menjelaskan pengertian ortho, meta dan para.

 

  • § Mendeskripsikan sifat fisik dan sifat kimia benzena dan turunannya

 

 

  • § Mendeskripsikan kegunaan dan bahaya senyawa benzena dan turunannya dalam kehidupan sehari-hari seperti fenol, anilin, butil hidroksi toluen (BHT), butil hidroksi anisol (BHA), TNT, aspirin, dan zat warna (azo) dan lain-lain 
  • Jenis tagihan
-  tugas individu

-  kuis

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-   laporan tertulis

-   tes tertulis

 

6 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

-  Internet

-   molymood

 

  • § Bahan

-  lembar kerja

 -  LCD

 -  komputer

4.3 .Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat dan kegunaan makromolekul (polimer, karbohidrat, dan protein)

 

  • § polimer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § Karbohidrat

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § Protein
    • Mengamati dan menganalisis untuk mengidentifikasi jenis dan sifat polimer sisntetik dan polimer alam dalam kerja kelompok 
    • Menentukan reaksi polimer berdasarkan asal dan jenis monomer pembentuknya (kopolimer dan homopolimer,  polimer adisi dan polimer kondensasi) melalui diskusi.
 (Sebagai penerapan dari teori yang dipelajari bagi daerah yang terdapat industri penghasil polimer seperti karet sintetis, serat sintetis dan sebagainya agar memanfaatkan industri tersebut sebagai sumber bahan belajar)

 

  • Menentukan golongan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa dalam diskusi kelas
  • § Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim dalam diskusi.
    • Merancang dan melakukan percobaan untuk mengidentifikasi karbohidrat dengan berbagai reagen dalam kerja kelompok

 

  • Menentukan rumus struktur asam amino essensial dan gugus peptida pada protein melalui diskusi kelas
  • § Mengidentifikasi polimer alam dan polimer sintetik (karet, karbohidrat, protein, plastik)
  • § Menjelaskan sifat fisik dan sifat kimia polimer
  • § Menuliskan reaksi pembentukan polimer (adisi dan kondensasi) dari monomernya
  • § Mendeskripsikan kegunaan polimer dan mewaspadai dampaknya terhadap lingkungan
 

 

 

 

 

 

 

 

 

  • § Menggolongkan monosakharida menjadi aldosa dan ketosa.
  • § Menjelaskan reaksi hidrolisis disakharida dan polisakharida dengan bantuan enzim.
  • § Mengidentifikasi karbohidrat dengan reagen

 

 

 

 

  • § Menuliskan rumus struktur asam amino esensial.
  • § Menentukan gugus peptida pada protein.
  • Jenis tagihan
-  tugas individu

-  tugas kelompok

-  responsi

-  kuis

-  ulangan

  • § Bentuk instrumen

-  performans (kinerja

   dan sikap)

-   laporan tertulis

-   tes tertulis

 

6 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

-  Internet

-   molymood

 

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  Bahan/alat

-  untuk

   percobaan

 -  LCD

 -  komputer

4.4. Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak

 

  • § Rumus struktur dan nama lemak
  • § Penggolongan lemak dan minyak
  • § Sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
  • § Fungsi dan peran lemak dan minyak
    • Mendeskripsikan struktur, tata nama, penggolongan, sifat, dan kegunaan lemak melalui diskusi.
  • § Menuliskan rumus struktur  dan nama lemak dan minyak
  • § Menggolongkan lemak berdasarkan kejenuhan ikatannya
  • § Mengamati dan menguraikan sifat fisik dan sifat kimia lemak dan minyak
  • § Mendeskripsikan fungsi dan peran lemak dan minyak dalam kehidupan
    6 jam
  • § Sumber

-  buku kimia

-  Internet

 

  • § Bahan

-  lembar kerja

-  LCD

 -  komputer

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s