RPP Kimia SMA Kelas XI-2

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia

Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2

Pertemuan                                     :  1 s/d 6

Alokasi waktu                               :  12 x 45 menit.

Standart Kompetensi                    :  4.      Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Kompetensi Dasar                         : 4.1. Mendeskripsikan teori-teori asam basa dengan menentukan sifat larutan dan menghitung pH larutan.

Indikator                                       :

Pertemuan 1

-          Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius

-          Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry

-          Menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya

Pertemuan 2

-          Menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis

-          Menentukan zat asam dan basa menurut teori Lewis

Pertemuan 3

-          Mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.

Pertemuan 4

-          Memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.

-          Menyimpulkan trayek perubahan warna larutan  asam dan basa

Pertemuan 5

-          Menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat  ionisasi ( a ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)

-          Menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.

Pertemuan 6

-          Menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.

-          Menerapkan konsep pH serta sifat fisis dan biologis untuk menganalisis pencemaran air

  1. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1

-          Mampu menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Arrhenius

-          Mampu menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry

-          Mampu menuliskan persamaan reaksi asam dan basa menurut Bronsted dan Lowry dan menunjukkan pasangan asam dan basa konjugasinya

Pertemuan 2

-          Mampu menjelaskan pengertian asam dan basa menurut Lewis

-          Mampu menentukan zat asam dan basa menurut teori Lewis

Pertemuan 3

-          Mampu mengidentifikasi sifat larutan asam dan basa dengan berbagai indikator.

Pertemuan 4

-          Mampu memperkirakan pH suatu larutan elektrolit yang tidak dikenal berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna berbagai indikator asam dan basa.

-          Mampu menyimpulkan trayek perubahan warna larutan  asam dan basa

Pertemuan 5

-          Mampu menghubungkan kekuatan asam atau basa dengan derajat  ionisasi ( a ) dan tetapan asam (Ka) atau tetapan basa (Kb)

-          Mampu menghitung pH larutan asam atau basa yang diketahui konsentrasinya.

Pertemuan 6

-          Mampu menjelaskan penggunaan konsep pH dalam lingkungan.

-          Mampu menerapkan konsep pH serta sifat fisis dan biologis untuk menganalisis pencemaran air

  1. Materi Pembelajaran

-          Teori asam basa Arhennius

-          Teori asam basa Bronsted-Lowry

-          Teori asam basa Lewis

-          pH asam – basa

  1. Metode Pembelajaran

         Diskusi Informasi

         Diskusi Kelompok

         Eksperimen

  1. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan awal :

  • Memberi motivasi siswa
  • Membagi kelompok diskusi

Kegiatan Inti:

  • Diskusi kelompok tentang asam basa Arhenius
  • Diskusi kelompok tentang asam basa Bronsted Lowry dan menentukan pasangan asam basa konjugasi

Kegiatan Akhir :

  • Mempresentasikan hasil diskusi kelompok

Pertemuan 2

Kegiatan awal :

  • Memberi motivasi siswa
  • Membagi kelompok diskusi

Kegiatan Inti:

  • Diskusi kelompok tentang asam basa Lewis
  • Menentukan zat sebagai asam atau basa menurut Lewis

Kegiatan Akhir :

  • Mempresentasikan hasil diskusi kelompok

Pertemuan 3

Kegiatan awal :

  • Memberi prasarat
  • Membagi kelompok praktikum

Kegiatan Inti:

  • Percobaan mengidentifikasi larutan asam-basa dengan berbagai indikator

Kegiatan Akhir :

  • Membuat laporan hasil percobaan

Pertemuan 4

Kegiatan awal :

  • Memberi motivasi siswa
  • Membagi kelompok praktikum

Kegiatan Inti:

  • Percobaan memperkirakan pH larutan berdasarkan hasil pengamatan trayek perubahan warna pH berbagai indikator asam-basa

Kegiatan Akhir :

  • Membuat laporan hasil percobaan

Pertemuan 5

Kegiatan awal :

  • Memberi motivasi siswa

Kegiatan Inti:

  • Diskusi informasi tentang hubungan kekuatan asam basa dengan derajat ionisasi, tetapan asam dan tetapan basa
  • Mengerjakan soal-soal tentang pH larutan asam atau basa.

Kegiatan Akhir :

  • Pemberian tugas rumah

Pertemuan 6

Kegiatan awal :

  • Pre test tentang pH asam basa
  • Membagi kelompok diskusi

Kegiatan Inti:

  • Diskusi kelompok tentang pH, sifat fisis dan biolgis untuk menganalisis pencemaran air

Kegiatan Akhir :

  • Mempresentasikan hasil diskusi kelompok
  1. Alat / Bahan / Sumber :

        LKS, Buku Kimia yang relevan, alat dn bahan praktikum

  1. Penilaian

-          kinerja/performance

-          tes tertulis

                                                                                    ………………….,…………………..2006

         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia

         Kepala Sekolah                                                 

         ………………………………….                                   ………………………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia

Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2

Pertemuan                                     :  7 s/d 9

Alokasi waktu                               :  6 x 45 menit.

Standart Kompetensi                    :  4.      Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Kompetensi Dasar                         :  4.2    Menghitung banyaknya pereaksi dan hasil reaksi dalam larutan elektrolit dari hasil titrasi asam basa .

Indikator                                        :

Pertemuan 7

-          Menyetarakan reaksi netralisasi

-          Menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi

-          Menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa

Pertemuan 8

-          Menentukan kadar zat melalui titrasi.

Pertemuan 9

-          Membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan

  1. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 7

-          Mampu menyetarakan reaksi netralisasi

-          Mampu menentukan konsentrasi asam atau basa dengan titrasi

-          Mampu menentukan indikator yang tepat digunakan untuk titrasi asam dan basa

Pertemuan 8

-          Mampu menentukan kadar zat melalui titrasi.

Pertemuan 9

-          Mampu membuat grafik titrasi dari data hasil percobaan

  1. Materi Pembelajaran

Titrasi asam basa

  1. Metode Pembelajaran

         Eksperimen

         Diskusi Kelompok

  1. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan 7

Kegiatan awal :

-          Latihan kembali menyetarakan reaksi penetralan

Kegiatan Inti:

-          Melakukan percobaan titrasi asam basa

Kegiatan Akhir :

-          Menyimpulkan hasil percobaan

Pertemuan 8

Kegiatan awal :

-          Memotivasi kualitas larutan cuka

Kegiatan Inti:

-          Melakukan percobaan titrasi asam cuka dengan larutan standar NaOH

Kegiatan Akhir :

-          Menyimpulkan hasil percobaan

Pertemuan 9

Kegiatan awal :

-          Mengumpulkan data hasil titrasi

Kegiatan Inti:

-          Membuat grafik titrasi berdasarkan data yang telah terkumpul

Kegiatan Akhir :

-          Menarik kesimpulan dari grafik yang telah terbentuk untuk menentukan indikator yang paling tepat

  1. Alat / Bahan / Sumber :

        LKS, Buku Kimia yang relevan, alat dan bahan praktikum

  1. Penilaian
    1. kinerja/performance
    2. laporan tertulis
    3. tes tertulis

                                                                                    ………………….,…………………..2006

         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia

         Kepala Sekolah                                                 

            ………………………………….                                            ………………………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia

Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2

Pertemuan                                     :  10 s/d 13

Alokasi waktu                               :  8 x 45 menit.

Standart Kompetensi                    :  4.   Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Kompetensi Dasar                         :  4.3 Mendeskripsikan sifat larutan penyangga dan peranan larutan penyangga dalam tubuh makhluk hidup.

Indikator                                       :

Pertemuan 10

-          Melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui kerja kelompok di laboratorium.

Pertemuan 11 dan 12

-          Menghitung pH atau pOH larutan penyangga melalui diskusi

Pertemuan 13

-          Mendiskusikan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk nidup

  1. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 10

-          Mampu melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga melalui kerja kelompok di laboratorium.

Pertemuan 11 dan 12

-          Mampu menghitung pH atau pOH larutan penyangga melalui diskusi

Pertemuan 13

-          Mampu menjelaskan fungsi larutan penyangga dalam tubuh makhluk nidup

  1. Materi Pembelajaran

-          Larutan penyangga

-          pH larutan penayangga

-          Fungsi larutan penyangga

  1. Metode Pembelajaran

         Eksperimen

         Diskusi Kelompok

  1. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan 10

Kegiatan awal :

-          Memberi motivasi siswa

-          Membagi kelompok

Kegiatan Inti:

-          Melakukan percobaan untuk menganalisis larutan penyangga dan bukan penyangga

-          Diskusi kelompok hasil percobaan

Kegiatan Akhir :

-          Menyimpulkan hasil percobaan

Pertemuan 11

Kegiatan awal :

-          Mengingatkan kembali jenis-jenis larutan penyangga

Kegiatan Inti:

-          Menghitung pH larutan penyangga dari campuran asam lemah atau basa lemah dengan garamnya

Kegiatan Akhir :

-          Memberikan tugas rumah

Pertemuan 12

Kegiatan awal :

-          Pres test menghitung pH larutan penyangga dari campuran asam lemah atau basa lemah dengan garamnya

Kegiatan Inti:

-          Menghitung pH larutan penyangga dari campuran asam lemah dengan basa kuat atau basa lemah dengan asam kuat.

Kegiatan Akhir :

Post tes menghitung pH larutan penyangga

Pertemuan 13

Kegiatan awal :

-          Memberi motivasi siswa

Kegiatan Inti:

-          Diskusi fungsi larutan penyangga dalam tubuh mahluk hidup

Kegiatan Akhir :

-          Menarik kesimpulan hasil diskusi

  1. Alat / Bahan / Sumber :

        LKS, Buku Kimia yang relevan, alat dan bahan praktikum

  1. Penilaian

-   kinerja/performance

-   laporan tertulis

-   tes tertulis

         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia

         Kepala Sekolah                                                 

………………………………….                                           ………………………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia

Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2

Pertemuan                                     :  14 s/d 15

Alokasi waktu                               :  4 x 45 menit.

Standart Kompetensi                    :  4.     Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Kompetensi Dasar                         :  4.4          Menentukan jenis garam yang mengalami hidroli-sis dalam air dan pH larutan garam tersebut.

Indikator                                        :

Pertemuan 14

-          Menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan

-          Menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi

Pertemuan 15

-          Membedakan larutan garam yang terhidrolisis sebagian dan terhidrolisis sempurna

-          Menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis

  1. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 14

-          Mampu menentukan ciri-ciri beberapa jenis garam yang dapat terhidrolisis dalam air melalui percobaan

-          Mampu menentukan sifat garam yang terhidrolisis dari persamaan reaksi ionisasi

Pertemuan 15

-          Mampu membedakan larutan garam yang terhidrolisis sebagian dan terhidrolisis sempurna

-          Mampu menghitung pH larutan garam yang terhidrolisis

  1. Materi Pembelajaran

-          Sifat garam yang terhidrolisis

-          pH larutan garam yang terhidrolisis

  1. Metode Pembelajaran

         Eksperimen

         Diskusi Kelompok

         Tugas kelompok

  1. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan 14

Kegiatan awal :

-          Mengingatkan kembali tentang jenis larutan diantaranya larutan penyangga

Kegiatan Inti:

-          Melakukan percobaan untuk menyelidiki sifat beberapa larutan garam dalam air

Kegiatan Akhir :

-          Menyimpulkan hasil percobaan

Pertemuan 15

Kegiatan awal :

-          Pre tes perubahan warna pada kertas lakmus merah dan biru

Kegiatan Inti:

-          Menentukan harga pH larutan garam

Kegiatan Akhir :

-          Menyimpulkan harga pH garam yang terhidrolisis

  1. Alat / Bahan / Sumber :

        LKS, Buku Kimia yang relevan, alat dan bahan praktikum

  1. Penilaian

Jenis tagihan

-  tugas individu, tugas kelompok, responsi , ulangan

Bentuk instrumen

-  performans (kinerja dan sikap), laporan tertulis, tes tertulis

         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia

         Kepala Sekolah                                                 

………………………………….                                            ………………………………………
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia

Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2

Pertemuan                                     :  16

Alokasi waktu                               :  2 x 45 menit.

Standart Kompetensi                    :  4.     Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Kompetensi Dasar                         :  4.5 Menggunakan kurva perubahan harga pH pada titrasi asam basa untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis

Indikator                                        :

-          Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, asam lemah dan basa kuat untuk menjelaskan larutan penyangga dan hidrolisis

  1. Tujuan Pembelajaran

-          Menjelaskan sifat larutan penyangga

-          Menjelaskan jenis-jenis garam yang mengalami hidrolisis

  1. Materi Pembelajaran

-          Grafik titrasi asam dan basa

  1. Metode Pembelajaran

         Diskusi Kelompok

  1. Langkah – langkah Pembelajaran

Kegiatan awal :

-          Menjelaskan pH larutan asam, basa, dan garam

Kegiatan Inti:

-          Menganalisis grafik hasil titrasi asam kuat dan basa kuat, asam kuat dan basa lemah, basa dan netral

Kegiatan Akhir :

-          Menyimpulkan hubungan antara grafik titrasi asam-basa dengan sifat larutan penyangga dan garam terhidrolisis

  1. Alat / Bahan / Sumber :

        LKS, Buku Kimia yang relevan

  1. Penilaian

Jenis tagihan

-          tugas individu

Bentuk instrumen

-          tes tertulis

         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia

         Kepala Sekolah                                                 

        ………………………………….                                   ………………………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia

Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2

Pertemuan                                     :  17 s/d 21

Alokasi waktu                               :  10 x 45 menit.

Standart Kompetensi                    :  4.     Memahami  sifat-sifat larutan asam-basa, metode pengukuran, dan terapannya.

Kompetensi Dasar                         :  4.5 Memprediksi terbentuknya endapan dari suatu reaksi berdasarkan prinsip  kelarutan dan hasil kali kelarutan

Indikator                                        :

Pertemuan 17

-          Menjelaskan pengertian larutan tak jenuh, jenuh dan lewat jenuh

-          Menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut

Pertemuan 18

-          Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan

-          Menuliskan persamaan Ksp berbagai zat elektrolit yang sukar larut dalam air s

Pertemuan 19 dan 20

-          Menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya

-          Menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya

Pertemuan 21

-          Menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan

-          Memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp

-          Menyimpulkan kelarutan suatu garam

  1. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 17

-          Mampu menjelaskan pengertian larutan tak jenuh, jenuh dan lewat jenuh

-          Mampu menjelaskan kesetimbangan dalam larutan jenuh atau larutan garam yang sukar larut

Pertemuan 18

-          Menghubungkan tetapan hasil kali kelarutan dengan tingkat kelarutan

-          Menuliskan persamaan Ksp berbagai zat elektrolit yang sukar larut dalam air s

Pertemuan 19 dan 20

-          Mampu menghitung kelarutan suatu elektrolit yang sukar larut berdasarkan data harga Ksp atau sebaliknya

-          Mampu menentukan pH larutan dari harga Ksp-nya

Pertemuan 21

-          Mampu menjelaskan pengaruh penambahan ion senama dalam larutan

-          Mampu memperkirakan terbentuknya endapan berdasarkan harga Ksp

-          Mampu menyimpulkan kelarutan suatu garam

  1. Materi Pembelajaran

-          kelarutan dan hasil kali kelarutan

-          pengaruh ion senama

  1. Metode Pembelajaran

         Diskusi Kelas

         Tugas individu

  1. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan 17

Kegiatan awal :

-          Mengingatkan kembali persamaan kesetimbangan homogen dan heterogen

Kegiatan Inti:

-          Diskusi pengertian larutan jenuh, tak jenuh dan lewat jenuh.

-          Merumuskan tetapan hasil kali kelarutan.

Kegiatan Akhir :

-          Membandingkan K dan Ksp

Pertemuan 18

Kegiatan awal :

-          Pre tes tentang penulisan Ksp

Kegiatan Inti:

-          Menentukan hubungan antara s dan Ksp

Kegiatan Akhir :

-          Tugas rumah penentuan persamaan Ksp untuk beberapa garam yang sukar larut dalam air.

Pertemuan 19

Kegiatan awal :

-          Pre tes tentang penulisan hubungan s dan Ksp

Kegiatan Inti:

-          Menghitung s berdasarkan harga Ksp dan sebaliknya

Kegiatan Akhir :

-          Tugas rumah menghitung s dan Ksp untuk beberapa garam yang sukar larut dalam air.

Pertemuan 20

Kegiatan awal :

-          Memotivasi siswa

-          Menanyakan rumus pH atau pOH

Kegiatan Inti:

-          Menentukan pH berdasarkan s atau Ksp

Kegiatan Akhir :

-          Latihan soal

Pertemuan 21

Kegiatan awal :

-          Menanyakan pergeseran kesetimbangan bila salah satu zat diperbesar

Kegiatan Inti:

-          Menentukan pengaruh ion senama terhadap tingkat kelarutan (s) garam

Kegiatan Akhir :

-          Post test.

  1. Alat / Bahan / Sumber :

        LKS, Buku Kimia yang relevan

  1. Penilaian

Jenis tagihan

-  tugas individu, ulangan

Bentuk instrumen

-  tes tertulis

         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia

         Kepala Sekolah                                                 

………………………………….                               ………………………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia

Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2

Pertemuan                                     :  1 s/d 2

Alokasi waktu                               :  4 x 45 menit.

Standart Kompetensi                    : 5.   Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar                         : 5.1. Membuat berbagai sistem koloid dengan bahan-bahan yang ada di sekitarnya.

Indikator                                        :

Pertemuan 1 dan 2

-          Menjelaskan proses pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan dispersi.

  1. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 1 dan 2

-          Mampu menjelaskan proses pembuatan koloid dengan cara kondensasi dan dispersi

  1. Materi Pembelajaran

-          pembuatan koloid (cara kondensasi, dispersi, peptisasi)

  1. Metode Pembelajaran

         Eksperimen

  1. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan 1

Kegiatan awal :

-          Memotivasi siswa, memberikan contoh koloid disekitar siswa secara umum

Kegiatan Inti:

-          Melakukan percobaan pembuatan koloid secara dispersi

Kegiatan Akhir :

-          Membuat laporan tertulis

Pertemuan 2

Kegiatan awal :

-          Pre tes tentang pembuatan koloid

Kegiatan Inti:

-          Melakukan percobaan pembuatan kimia secara kimia (kondensasi dan peptisasi)

Kegiatan Akhir :

-          Presentasi hasil percobaan.

  1. Alat / Bahan / Sumber :

        LKS, Buku Kimia yang relevan, alat dan bahan praktikum

  1. Penilaian

Jenis tagihan

-  unjuk kerja, tugas kelompok

Bentuk instrumen

-  laporan tertulis, tes tertulis

         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia

         Kepala Sekolah                                                 

        ………………………………….                                   ………………………………………

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJRAAN

Mata Pelajaran                              :  Kimia

Kelas / Program / Semester           :  XI / IPA / 2

Pertemuan                                     :  3 s/d 5

Alokasi waktu                               :  6 x 45 menit.

Standart Kompetensi                    : 5.      Menjelaskan sistem dan sifat koloid serta penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Kompetensi Dasar                         :  5.2.   Mengelompokkan sifat-sifat koloid dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Indikator                                        :

Pertemuan 3

-          Mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)

-          Mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi

Pertemuan 4

-          Mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)

-          Menjelaskan koloid liofob dan liofil

Pertemuan 5

-          Mendeskripsikan peranan koloid dalam produk kosmetik, makanan, obat-obatan

  1. Tujuan Pembelajaran

Pertemuan 3

-          Mampu mengklasifikasikan  suspensi kasar, larutan sejati dan koloid berdasarkan data hasil pengamatan (effek Tyndall, homogen/heterogen, dan penyaringan)

-          Mampu mengelompokkan jenis koloid berdasarkan fase terdispersi dan fase pendispersi

Pertemuan 4

-          Mampu mendeskripsikan sifat-sifat koloid (effek Tyndall, gerak Brown, dialisis, elektroforesis, emulsi, koagulasi)

-          Mampu menjelaskan koloid liofob dan liofil

Pertemuan 5

-          Mampu mendeskripsikan peranan koloid dalam produk kosmetik, makanan, obat-obatan

  1. Materi Pembelajaran

-          sistem koloid dan sifat-sifat koloid

-          peranan koloid dalam kehidupan

  1. Metode Pembelajaran

         Eksperimen/Demonstrasi

         Diskusi kelompok

         Tugas Rumah

  1. Langkah – langkah Pembelajaran

Pertemuan 3

Kegiatan awal :

-          Memotivasi siswa, memberikan 3 jenis larutan (suspensi,koloid, larutan sejati)

Kegiatan Inti:

-          Melakukan demonstrasi sifat-sifat larutan koloid

-          Melakukan identifikasi jenis-jenis koloid

Kegiatan Akhir :

-          Menyimpulkan hasil dmonstrasi

Pertemuan 4

Kegiatan awal :

-          Pre tes tentang sifat-sifat koloid

Kegiatan Inti:

-          Mendiskusikan sifat-sifat koloid

Kegiatan Akhir :

-          Membuat tabel pengelompokan koloid berdasarkan fase dispersi dan terdispersi

Pertemuan 5

Kegiatan awal :

-          Memotivasi siswa, memeriksa bahan makanan di sekitar siswa  yang memiliki sifat koloid

Kegiatan Inti:

-          Mendiskusikan koloid di sekitar siswa pada makanan, obat-obatan dan kosmetik

Kegiatan Akhir :

-          Post tes

  1. Alat / Bahan / Sumber :

        LKS, Buku Kimia yang relevan, contoh-contoh koloid di sekitar siswa

  1. Penilaian

Jenis tagihan

-  tugas kelompok

Bentuk instrumen

-  tes tertulis

         Mengetahui                                                        Guru Mata Pelajaran Kimia

         Kepala Sekolah                                                 

        ………………………………….                                   …………………………………..

Leave a comment

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s